Governance dan Management
Governance
Istilah governance
sebenarnya sudah dikenal dalam literatur administrasi dan ilmu politik
hampir 120-an tahun, terutama oleh Woodrow Wilson, yang kemudian menjadi
Presiden Amerika Serikat ke 27. Tetapi selama itu governance hanya digunakan
dalam literatur politik dengan pengetian yang sempit. Wacana tentang governance
yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia sebagai tata-pemerintahan,
penyelenggaraan pemerintahan atau pengelolaan pemerintahan, tata-pamong baru
muncul sekitar 20-an tahun belakangan, terutama setelah berbagai lembaga
pembiayaan internasional menetapkan “good governance” sebagai persyaratan utama
untuk setiap program bantuan mereka. Tetapi selama itu governance hanya
digunakan dalam konteks pengelolaan organisasi korporat dan lembaga pendidikan
tinggi. Wacana tentang governance yang baru terutama setelah berbagai
lembaga pembiayaan internasional mempersyaratkan good governance dalam berbagai
program bantuannya.
Tata laksana pemerintahan yang baik (good governance) adalah seperangkat proses yang diberlakukan dalam organisasi baik swasta maupun negeri untuk menentukan keputusan.
Good governance menunjuk pada pengertian bahwa kekuasaan tidak lagi semata-mata dimiliki atau menjadi urusan pemerintah, tetapi menekankan pada pelaksanaan fungsi pemerintahan secara bersama-sama oleh pemerintah, masyarakat madani, dan pihak swasta. Good governance juga berarti implementasi kebijakan sosial-politik untuk kemaslahatan rakyat banyak, bukan hanya untuk kemakmuran orang-per-orang atau kelompok tertentu.
Tata laksana pemerintahan yang baik (good governance) adalah seperangkat proses yang diberlakukan dalam organisasi baik swasta maupun negeri untuk menentukan keputusan.
Good governance menunjuk pada pengertian bahwa kekuasaan tidak lagi semata-mata dimiliki atau menjadi urusan pemerintah, tetapi menekankan pada pelaksanaan fungsi pemerintahan secara bersama-sama oleh pemerintah, masyarakat madani, dan pihak swasta. Good governance juga berarti implementasi kebijakan sosial-politik untuk kemaslahatan rakyat banyak, bukan hanya untuk kemakmuran orang-per-orang atau kelompok tertentu.
Kunci utama memahami good governance
adalah pemahaman atas prinsip-prinsip di dalamnya, dan bertolak dari
prinsip-prinsip ini akan didapatkan tolak ukur kinerja suatu pemerintahan dalam
upaya mewujudkan pemerintahan yang baik. Penilaian terhadap baik-buruknya
pemerintahan bisa dinilai bila telah bersinggungan dengan unsur prinsip-prinsip
good governance.
Prinsip-prinsip Good Governance
- Partisipasi Masyarakat, Semua warga masyarakat mempunyai suara dalam pengambilan keputusan, baik secara langsung maupun melalui lembaga perwakilan sah yang mewakili kepentingan mereka. Partisipasi menyeluruh dibangun berdasarkan kebebasan berkumpul dan mengungkapkan pendapat, serta kapasitas untuk berpartisipasi secara konstruktif.
- Tegaknya Supremasi Hukum, Kerangka hukum harus adil dan diberlakukan tanpa pandang bulu, termasuk di dalamnya hukum-hukum yang menyangkut hak asasi manusia.
- Transparansi, Tranparansi dibangun atas dasar arus informasi yang bebas. Seluruh proses pemerintahan, lembaga-lembaga dan informasi perlu dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan, dan informasi yang tersedia harus memadai agar dapat dimengerti dan dipantau.
- Peduli pada Stakeholder, Lembaga-lembaga dan seluruh proses pemerintahan harus berusaha melayani semua pihak yang berkepentingan.
- Berorientasi pada Konsensus, Tata pemerintahan yang baik menjembatani kepentingan-kepentingan yang berbeda demi terbangunnya suatu konsensus menyeluruh dan yang terbaik bagi kelompok masyarakat, dan terutama dalam kebijakan dan prosedur.
- Kesetaraan, Semua warga masyarakat mempunyai kesempatan memperbaiki atau mempertahankan kesejahteraan mereka.
- Efektifitas dan Efisiensi, Proses-proses pemerintahan dan lembaga-lembaga membuahkan hasil sesuai kebutuhan warga masyarakat dan dengan menggunakan sumber-sumber daya yang ada seoptimal mungkin.
- Akuntabilitas, Para pengambil keputusan di pemerintah, sektor swasta dan organisasi-organisasi masyarakat bertanggung jawab baik kepada masyarakat maupun kepada lembaga-lembaga yang berkepentingan. Bentuk pertanggung jawaban tersebut tergantung dari jenis organisasi yang bersangkutan.
- Visi Strategis, Para pemimpin dan masyarakat memiliki perspektif yang luas dan jauh ke depan atas tata pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia, serta kepekaan untuk mewujudkannya, harus memiliki pemahaman atas kompleksitas kesejarahan, budaya dan sosial yang menjadi dasar bagi perspektif tersebut.
Pentingnya good governance dapat memberikan manfaat seperti
untuk kepentingan negara dan pemerintahan, untuk meningkatkan efisiensi dan
produktivitas dgn menerapkan penyelenggaraan berdasarkan good goverment
governance, untuk meningkatkan kepercayaan publik, untuk menjaga kelangsungan
pemerintahan daerah dan untuk mengukur target kimerja pemerintahan daerah
Management
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui
orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer
bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky
W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai
sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada
dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen
belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Banyak
kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen, namun diketahui bahwa
ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan
dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari
100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika
tidak ada seseorang—tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu—yang
merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan
bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian
tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Menurut Henry Fayol. seorang industrialis asal Perancis, prinsip-prinsip dalam manajemen sebaiknya bersifat lentur dalam arti bahwa perlu di pertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Prinsip - prinsip umum manajemen menurut Henry Fayol terdiri dari :
- 1 Pembagian kerja (Division of work)
- 2 Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
- 3 Disiplin (Discipline)
- 4 Kesatuan perintah (Unity of command)
- 5 Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
- 6 Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
- 7 Penggajian pegawai
- 8 Pemusatan (Centralization)
- 9 Hierarki (tingkatan)
- 10 Ketertiban (Order)
- 11 Keadilan dan kejujuran
- 12 Stabilitas kondisi karyawan
- 13 Prakarsa (Inisiative)
- 14 Semangat kesatuan dan semangat korps
Pada dasarnya
manajemen itu penting karena pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan
sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas dan tanggungjawab dalam penyelesaiannya.
Perusahaan akan dapat berhasil baik jika manajemen diterapkan dengan baik. Manajemen
menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkan dengan memanfaatkan 6M dalam
proses manajemen tersebut. Manajemen mengakibatkan pencapaian tujuan secara
teratur. Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
Manajemen selalu
terdapat dan sangat penting untuk mengatur semua kegiatan dalam rumah tangga,
sekolah, koperasi, yayasan-yayasan, pemerintahan dan lain sebagainya.
Manajemen pada dasarnya baru dapat diterapkan, jika :
Manajemen pada dasarnya baru dapat diterapkan, jika :
- Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai.
- Ada kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
- Ada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
- Ada Hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib.
- Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan.
- Ada organisasi untuk melakukan kerjasama.
- Ada wewenang (authority) dan responsibility dari setiap individu anggota.
- Ada koordinasi,integrasi dan sinkronisasi (KIS) dari setiap proses manajemen tersebut
- Ada pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur.
- Ada relationship in organization dan human organization.
Komentar
Posting Komentar